Menu

PT. Equityworld Futures

semarang

PT. EQUITYWORLD FUTURES 63.000 Hektar Sawah Terkena Serangan Hama Wereng

PT. EQUITYWORLD FUTURES – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, saat ini 63.075 hektar sawah tengah mengalami serangan hama wereng batang coklat (WBC) di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Mentan menjelaskan, serangan hama tersebut terjadi pada periode tanam Oktober 2016 hingga Agustus 2017.

"Terkena serangan hama 63.075 hektar dengan puso (gagal panen) seluas 20.152 hektar, itu sekitar 0,4 persen dari total luas tanam periode Oktober 2016 hingga Agustus 2017 seluas 15,1 juta hektar dari ambang toleransi 5 persen," ujar Mentan saat konfrensi pers di Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Jakarta, Senin (4/9/2017).

Kendati demikian, PT Equityworld Amran tak menjelaskan lebih lanjut terkait berapa kerugian yang disebabkan oleh serangan hama wereng di Indonesia.

Mentan mengatakan, serangan hama wereng terjadi akibat kemarau basah yang terjadi pada tahun 2016 dan juga curah hujan bulanan dan kelembaban udara pada April hingga Juni 2017.

Menurutnya, hal tersebut menjadi pemicu perkembangan populasi hama wereng pada April hingga Juli 2017.

"Terbatasnya jumlah pengamat dan lambatnya pelaporan populasi hama wereng di tingkat kecamatan sehingga terjadi outbreak dan puso di beberapa lokasi karena tidak bisa dikendalikan," paparnya.

Amran menegaskan, pihaknya telah melakukan beberapa upaya agar wabah hama wereng tidak terus meluas dan menyerang tanaman padi.

"Kami tetap melakukan antisipasi. Jadi kami melakukan tindakan preventif lebih awal," kata Amran.

Pertama, dengan membentuk gerakan pengendalian di 20 provinsi wilayah potensial hama wereng, kedua, penambahan petani pengamat organisme penggangu tanaman (OPT) swadaya satu kecamatan, satu pengamat.Kemudian, memberikan bantuan benih padi varietas yang tahan hama wereng dengan jenis Inpari 31 dan 33 sebanyak 500 ton dari Badan Litbang Pertanian untuk mengganti varietas yang rentan terhadap hama wereng.

"Penyediaan sarana pengendalian berupa pestisida, PT Equityworld handsprayer di 6 Provinsi wilayah endemis hama wereng, dan bersinergi dengan Korem dan Kodim maupun pemerintah daerah," pungkas Amran.

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.