Menu

PT. Equityworld Futures

semarang

PT.EQUITYWORLD FUTURES Assange Gagal Batalkan Surat Penangkapan Inggris

PT.EQUITYWORLD FUTURES Pendiri WikiLeaks Julian Assange hari Selasa (13/2) gagal membatalkan surat penangkapan dari Inggris terhadapnya, yang diharapkan akan membebaskan dirinya dari upaya mengasingkan diri di Kedutaan Besar Ekuador di London.Hakim pengadilan Inggris Emma Arbuthnot menolak argumen pengacara Assange bahwa tidak ada lagi kepentingan publik untuk memberlakukan surat perintah penangkapan karena melanggar syarat jaminan hukum ketika ia pertama kali memasuki kedutaan itu hampir enam tahun lalu, supaya tidak diekstradisi ke Swedia guna diselidiki karena tuduhan pemerkosaan, yang dibatalkan Swedia tahun lalu.

Baca : PT.EQUITYWORLD FUTURES Emas bersiap untuk minggu terbaik sejak 2016 terkait inflasi

Saya menilai penangkapan merupakan tanggapan yang cukup proporsional meskipun Assange telah membatasi kebebasannya sendiri selama beberapa tahun ini,™™ ujar Arbuthnot.

Para terdakwa yang mendapat jaminan dari berbagai negeri, dan orang-orang yang menghadapi ekstradisi, datang ke pengadilan untuk menghadapi konsekuensi pilihan mereka. Ia (Assange) seharusnya memiliki keberanian yang sama juga,™™ ujar hakim Arbuthnot. Ditambahkannya, Assange yang berusia 46 tahun œtampaknya menganggap dirinya berada di atas aturan hukum yang normal dan menginginkan keadilan hanya jika berpihak padanya.

Assange mengatakan ia khawatir penangkapannya bisa membuatnya diekstradisi ke Amerika untuk menghadapi tuduhan-tuduhan kriminal karena WikiLeaks mempublikasikan dokumen militer dan kawat diplomatik rahasia Amerika pada tahun 2010.

Tahun lalu Jaksa Agung Jeff Sessions mengatakan penangkapan Assange merupakan œprioritas.

Pengadilan Inggris diberitahu bahwa Assange menderita masalah gigi buruk, ˜™frozen shoulder™™ dan depresi. Ia jarang sekali ke balkon kedutaan karena khawatir akan keselamatannya, tetapi kerap ikut konferensi media dan kampanye tentang kasusnya lewat video telekonferensi.

Ekuador telah memberi kewarganegaraan bagi Assange, yang merupakan warga Australia.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.