Menu

PT. Equityworld Futures

semarang

PT.EQUITYWORLD FUTURES Gas Gouging: Salahkan Minyak Besar, Bukan Pajak

PumpingGasCloseUp.jpg

PT.EQUITYWORLD FUTURES sangat berbicara tentang mahalnya harga gas di Metro Vancouver, yang mencapai rekor baru pada bulan Mei, mencapai $ 1,60 per liter. Cerita yang membuat putaran adalah bahwa pajak harus disalahkan - khususnya peningkatan 1 April pajak karbon B.C. Beberapa telah menggunakan momen ini untuk meminta pemotongan pajak untuk mengurangi rasa sakit di pompa untuk pengemudi. Namun, melihat lebih dekat pada apa yang mendorong kenaikan harga menunjukkan bahwa itu mencongklang oleh industri - bukan pajak - yang harus disalahkan. Faktor-faktor yang dikendalikan oleh industri (faktor pasar non-pajak) termasuk biaya minyak mentah, margin yang diambil (atau mark-up) oleh kilang, dan margin yang diambil oleh pengecer gas. (Dua item terakhir - margin yang diambil oleh kilang dan pengecer - tidak sama dengan keuntungan, karena ada biaya tambahan dalam bisnis tersebut.)

582px version of Fig1GasGouge.jpg

 

Gambar 1 memecah harga pompa (untuk bensin tanpa timbal dalam dolar per liter) menjadi dua komponen : (1) semua faktor pasar bersama (biru); dan (2) gabungan pajak bahan bakar / karbon federal, provinsi dan regional (hijau).

Baca : PT.EQUITYWORLD FUTURES Minyak Mentah WTI Berakhir Turun Bersama Minyak Mentah Brent Pada Penutupan

Dari yang terendah terlihat pada kuartal pertama 2016 hingga hari ini, harga gas ritel telah naik 46,4 sen per liter, dimana 43 sen adalah karena faktor pasar dan hanya 3,4 sen adalah karena pajak. Peningkatan 1 April pajak karbon BC hanya meningkat 1,2 sen per liter pada pompa, dan 2,2 sen per liter lainnya berasal dari GST federal lima persen yang dikenakan pada kenaikan harga keseluruhan.

 

582px version of Fig2GasGouge.jpg

Gambar 2 menunjukkan sumber harga 46,4 sen per liter kenaikan harga di pompa antara kuartal pertama 2016 dan kuartal kedua 2018. Biaya minyak mentah adalah faktor terbesar, naik 32,3 sen per liter. Ini adalah refleksi bukan dari biaya produksi, tetapi dari harga minyak dunia yang sedang berlangsung. Kenaikan harga ini merupakan keuntungan murni bagi produsen minyak.

Selanjutnya, marjin pada penyulingan minyak mentah menjadi produk minyak bumi naik 8,5 sen per liter dari palung 2016. Pemurnian bensin Vancouver sebagian dilakukan di Alberta, lalu dikirim ke B.C. sepanjang pipa Trans Mountain yang ada. Beberapa pemurnian dilakukan di kilang Parkland di Burnaby (dibeli dari Chevron pada 2017). Parkland baru-baru ini mengeluarkan siaran pers yang mengutip rekor laba kuartal keempat tahun 2017 sebesar $ 469 juta (kuartal pertama yang memiliki kilang Burnaby).

Akhirnya, margin ritel naik 2,2 sen per liter. Pengecer umumnya tidak melakukan pembunuhan, sehingga peningkatan margin mereka mungkin mencerminkan jumlah stasiun gas yang menyusut di Vancouver dan kekuatan pasar yang lebih besar bagi mereka yang tersisa. Itu juga bisa mencerminkan harga sewa yang lebih tinggi yang timbul dari meningkatnya nilai lahan di wilayah tersebut.

Kisah saat ini benar-benar dimulai pada akhir 2014 ketika harga minyak mentah jatuh. Sementara harga minyak mentah turun 68 persen antara kuartal pertama tahun 2014 dan 2016, harga penuh di pompa turun hanya 18 persen. Dengan kata lain, penyuling dan pengecer masuk untuk mengambil keuntungan lebih besar di sisi bawah.

Bandingkan ini dengan peningkatan harga yang hampir seketika di pompa setiap kali terjadi kecelakaan, cuaca buruk atau alasan lain apa pun yang dapat digunakan industri itu untuk membenarkan kenaikan harga.

 

582px version of Fig3GasGouge.jpg

Gambar 3 menunjukkan faktor pasar yang dinamis dan putus ini (sama dengan garis biru pada Gambar 1) menjadi tiga segmen komponen: harga minyak mentah, margin pemurnian dan margin ritel. Dalam beberapa tahun terakhir setiap segmen industri telah mengambil pemotongan yang lebih besar dan menaikkan harga di pompa.

Temuan ini menarik mengingat serigala menangis dari Alberta bahwa B.C. menyebabkan mereka kehilangan miliaran dolar pendapatan minyak dengan menentang ekspansi pipa Trans Mountain. Pada 2016, B.C. mengkonsumsi 4,6 miliar liter bensin. Perincian regional tidak tersedia, jadi mari kita berasumsi sekitar setengah dari jumlah ini, atau 2,3 ​​miliar liter, dikonsumsi di Metro Vancouver (yang memiliki lebih dari setengah populasi provinsi).

Di antara 20 dan 30 sen per liter keuntungan berlebih akan masuk ke industri, jumlah ini mencapai $ 460 juta hingga $ 690 juta dalam harga mencongklang pada bagian dari Big Oil pada tahun lalu.

Bagaimana dengan pajak itu?

Pajak bensin naik antara tahun 2008 dan 2012 karena fase pajak karbon dan pajak bahan bakar regional yang lebih tinggi untuk mendukung jaringan transportasi (transit dan jalan-jalan utama dan jembatan melalui TransLink).Pengemudi di Metro Vancouver kini membayar 25,5 sen per liter dalam pajak bahan bakar (yang 17 sen adalah bagian regional TransLink) dan 7,8 sen per liter dalam pajak karbon. Pajak yang tersisa adalah pajak cukai gas federal 10 sen per liter (yang didaur ulang kembali ke kota untuk proyek infrastruktur) dan GST federal lima persen.Secara keseluruhan, tingkat pajak saat ini berjumlah 50,8 sen per liter, sedikit lebih tinggi daripada di Montreal (50,4 sen), dan lebih dari Toronto (40,3), Halifax (41,9) dan Calgary (35,8).

Tapi kesenjangan dari faktor pasar non-pajak antara Vancouver dan kota-kota itu lebih besar: harga gas baru-baru ini tidak termasuk pajak di Vancouver adalah 106,3 sen per liter, dibandingkan dengan 89 sen di Montreal, 84 sen di Halifax, 94,9 sen di Toro

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.